Friday, December 17, 2010

Kaca Jendela Toyota Yaris Bisa Reduksi Sinar UV Sampai 99%

Jakarta - Toyota mengumumkan bahwa kaca pintu depan Yaris telah didesain ulang. Pada rancangan baru, kaca depan Yaris itu diklaim bisa mengurangi masuknya sinar ultraviolet (UV) penetrasi hingga 99 persen. Terobosan ini diklaim merupakan yang pertama di dunia.

Seperti dikutip situs Toyota, Kamis (16/12/2010) desain kaca depan Yaris itu berguna untuk mengurangi masuknya sinar ultraviolet yang masuk melalui jendela depan dan kaca depan. Toyota mengklaim bahwa desain baru ini bisa memberikan perlindungan dan mencegah pengendaranya terbakar sinar matahari.

Efek perlindungan terhadap sinar matahari dengan menggunakan kaca baru ini pun dianggap setara dengan mengenakan sarung tangan saat mengemudi.

Lalu kenapa bisa begitu? Ternyata Toyota menyiasati peletakan kaca film
ultraviolet. Bila biasanya kaca film diletakkan di bagian luar kaca, di Yaris
terbaru nanti, Toyota menyelipkan kaca film itu diantara dua lembar kaca. Jadi kaca film tersebut seolah dilaminating dengan kaca jendela mobil.

Teknologi unik tapi berguna ini tentu langsung menambah deretan fitur terkini di Yaris model terbaru yang akan segera diluncurkan di Jepang.

Sebelumnya, Yaris bermesin 1.300 cc yang dilengkapi dengan start-stop system menjadi salah satu mobil teririt di Jepang karena bisa mencatat angka konsumsi 3,7 liter per 100 km atau 1:27 km perliter.

Angka ini bahkan lebih irit ketimbang mobil Honda Jazz hybrid yang diklaim Honda mampu mencapai konsumsi 4,4 liter untuk 100 km atau 1:25 km per liter.

No comments:

Post a Comment