Wednesday, March 19, 2014

Sejumlah Tanggul Meluap, Bandung Banjir

Hujan deras yang mengguyur Kota Bandung tiga hari belakangan menyebabkan enam tanggul yang dialiri Sungai Citepus rusak. Akibatnya, sejumlah permukiman dan jalan-jalan di Kota Bandung banjir.
Kepala Dinas Bina Marga dan Pengairan (DBMP) Kota Bandung Iskandar Zulkarnain mengatakan tanggul yang rusak yakni Cidadap, Coblong, Cicendo, Andir, Astana Anyar, dan Bojong Loa Kidul.  "Kerusakan tanggul disebabkan oleh luapan air yang tidak terbendung dan curah hujan yang tinggi," kata Iskandar, Rabu, 19 Maret 2014.
Berdasarkan pantauan Tempo, banjir menerjang sejumlah kawasan, seperti Jalan Rumah Sakit dan Jalan Dr Djundjunan di depan Bandung Trade Center (BTC). "Banjir di depan BTC merupakan banjir terparah saat ini," kata Iskandar.
Hingga saat ini DBMP masih menghitung jumlah tanggul yang rusak di sepanjang Sungai Citepus. Iskandar menyatakan lembaganya sudah memperbaiki sejumlah tanggul yang rusak itu. Namun, dia melanjutkan, karena curah hujan terlampau tinggi, tanggul-tanggul tersebut tidak dapat menampung debit air.
"Kami sudah menyiapkan tiga pompa penyedot air dan sejumlah karung untuk menampung debit air," kata Iskandar. Dia mengatakan pihaknya kini berfokus pada penanganan kerusakan tanggul yang memicu terjadinya banjir di Jalan Rumah Sakit dan Jalan Djundjunan. "AKibat tanggul rusak, jalan di beberapa ruas juga rusak," katanya.

No comments:

Post a Comment