Tuesday, December 10, 2013

Duo Honda Siap Tantang Toyota

SETELAH resmi diluncurkan di Jepang pada awal September 2013, Honda FIT RS mulai mengisi berbagai pameran otomotif dunia. Terakhir, mobil yang di Indonesia lebih dikenal dengan nama Honda Jazz ini muncul di ajang Tokyo Motor Show 2013.

Pada generasi terbaru Honda Jazz tersebut, pihak Honda sepertinya ingin menonjolkan kesan maskulin dan agresif, meninggalkan citra feminim yang melekat pada varian sebelumnya. Hal tersebut dapat dilihat dengan desain lampu depan yang lebih stlilysh menggunakan lampu yang menjorok kedepan. Sedangkan bagian grille dibuat agak lebar di bawah emblem Honda demi menimbulkan efek gagah.
Plasadana/Priandono


Perubahan juga terjadi pada sisi interior yang sudah menerapkan teknologi komputeriasi dengan tampilan layar capacitive touch screen. Model ini lebih sensitif ketika disentuh. Layar tersebut dapat memanjakan pengemudi bila ingin melakukan pengaturan AC maupun mendapatkan informasi mengenai kondisi kendaraan, yaitu hanya dengan menyentuh menu pada layar.

Honda Jazz terbaru ini memiliki 3 pilihan mesin. Pertama, mesin 1.300 cc sama seperti yang digunakan oleh Honda Brio dan Honda Jazz sebelumnya. Kedua, mesin 1.500 hibrida. Ketiga, mesin 1.500 i-VTEC yang telah disempurnakan sehingga memiliki tenaga lebih besar 10 persen dibandingkan dengan mesin sebelumnya.

Soal tenaga, city car generasi baru itu mengalami peningkatan dibanding varian lamanya. Apabila sebelumnya Honda Jazz memiliki tenaga mesin 120 Ps, maka tenaga mesin Honda Jazz terbaru bertambah menjadi 132 Ps atau nyaris mendekati tenaga Toyota Kijang Innova yang memiliki kapasitas 2.000 cc dengan tenaga 136 Ps.

Selain menampilkan All New Honda Jazz, dalam ajang Tokyo Motor Show 2013 pihak Honda juga menghadirkan generasi terbaru dari mobil hybrid buatannya: All New Honda Accord Hybrid. Menggunakan mesin 2.0 liter DOHC i-VTEC + i-MMD (intelligent Multi-Mode Drive) dan teknologi Sport Hybrid i-MMD mobil ini berusaha menggabungkan kenyamanan mengemudi serta efisiensi bahan bakar.

Plasadana/Priandono

Teknologi Sport Hybrid i-MMD pada mobil ini mempunyai 3 mode pengendalian mesin: EV Drive, Hybrid Drive, dan Engine Drive. Mode EV Drive digunakan pada saat berkendara dengan kecepatan rendah hingga sedang yang mana tenaga mobil dihasilkan dari baterai.

Sementara mode Hybrid Drive digunakan saat berakselerasi menggunakan mesin bensin untuk memberikan tenaga lebih besar. Untuk mode Engine Drive, digunakan saat berakselerasi pada kecepatan tinggi. Ketiga mode tersebut dapat diatur secara otomatis dan diklaim mampu memberikan efisiensi bahan bakar sebesar 30 km/liter.

Kehadiran dua varian terbaru dari mobil keluaran Honda pada ajang Tokyo Motor Show 2013 seperti ingin menyambut  bendera persaingan yang dikibarkan oleh pihak Toyota. Maklum, sebelumnya ALL New Yaris dan All New Camry Hybrid sudah lebih dahulu memasuki pasar otomotif.

Namun, bagi pecinta otomotif Tanah Air harus sedikit bersabar. Sebab, deretan mobil baru tersebut rencananya baru tahun depan mulai mengaspal di Indonesia.

No comments:

Post a Comment